Newest Post

// Posted by :Rezdevost // On :Sabtu

1. Alasan bendera Indonesia berwarna merah dan putih

  • Catatan sejarah yang ditemukan di Gunung Butak, Surabaya
  • Kerajaan Mataram yang menyebut warna bendera Indonesia dengan Gula Kelapa (Gula=merah dan Kelapa=putih
  • ketika Pangeran Diponegoro menggunakan bendera merah putih ketika Perang Diponegoro tahun 1825 – 1830.
  • Tapi ketika zaman kolonial Belanda, Bendera Merah Putih kembali digunakan oleh Perhimpunan Indonesia pada tahun 1920. Panji yang mereka pilih adalah Merah Putih Kepala Kerbau.
  • Pada tahun 1927 Ir. Soekarno (Presiden pertama RI) mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI). Bendera Merah Putih dihiasi Kepala Banteng sebagai lambang organisasinya.
  • Pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda bernaung di bawah bendera Merah Putih dengan lambang garuda terbang dan garuda terbang menjadi lambang tersendiri, sehingga benderanya tinggal berwarna Merah Putih.
  • Menjelang Indonesia merdeka, panitia kecil yang diketuai oleh Ki Hajar Dewantara ditugaskan untuk meneliti bendera dan lagu kebangsaan. Diputuskanlah kata sepakat arti ukuran serta lagu kebangsaan. Merah berarti berani, Putih berarti suci yang berukuran panjang 3 meter dan lebar 2 meter. Sebagai tindak lanjut penetapan bendera tersebut tertuang dalam UUD 1945 pasal 35, yang berbunyi, ''Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.''
2. Organisasi Militer Bentukan Jepang

  • Seinendan (Barisan pemuda)

Seinendan merupakan organisasi pemuda yang dibentuk pada tanggal 29 April 1943, tepat pada hari ulang tahun Kaisar Jepang. Organisasi tersebut langsung berada di bawah pimpinan gunseikan. Tujuan pembentukan organisasi tersebut adalah untuk mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri. Namun, sebenarnya maksud tersembunyi pembentukan organisasi tersebut adalah untuk mendapatkan tenaga cadangan sebanyak-banyaknya yang diperlukan bagi kemenangan perang Jepang.

  • Keibodan (Barisan Pembantu Polisi)

Keibodan juga merupakan organisasi pemuda yang dibentuk bersamaan dengan pembentukan Seinendan. Berbeda dengan Seinendan, dalam pembentukan Keibodan tersebut tampak bahwa pemerintah pendudukan Jepang berusaha agar tidak terpengaruh oleh golongan nasionalis. Bahkan kaum nasionalis pada tingkat bawah pun tidak mempunyai hubungan dengan Keibodan, karena badan ini langsung ditempatkan di bawah pengawasan polisi.

  • Syuisyintai (Barisan Pelopor)

Barisan Pelopor dibentuk pada tanggal 1 November 1944. Organisasi semimiliter ini dibentuk sebagai hasil keputusan sidang ketiga dari Chuo Sangi In (Dewan Pertimbangan Pusat. Barisan Pelopor dipimpin oleh Ir. Soekarno. Sedangkan wakilnya yaitu R.P. Suroso, Otto Iskandardinata dan dr. Buntaran Martoatmojo. Tokoh nasionalis yang duduk dalam Barisan Pelopor berusaha memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya untuk menanamkan semangat nasionalisme di kalangan para pemuda.

  • Fujinkai (Barisan Wanita)

Fujinkai dibentuk pada bulan Agustus 1943. Anggotanya terdiri atas wanita yang berumur 15 tahun ke atas. Tugas Fujinkai adalah ikut memperkuat pertahanan dengan cara mengumpulkan dana wajib berupa perhiasan, hewan ternak, dan bahan makanan untuk kepentingan perang.

  • Hizbullah

Pada tanggal 15 Desember 1944 berdiri pasukan sukarelawan pemuda Islam yang dinamakan Hizbullah (tentara Allah) yang dalam istilah Jepangnya disebut Kaikyo Seinen Teishintai. Hizbullah mempunyai tugas pokok, yaitu sebagai berikut :

          • Sebagai tentara cadangan dengan tugas dan program, antara lain : melatih diri, jasmani maupun rohani dengan segiat-giatnya.; membantu tentara Dai Nippon; menjaga bahaya udara dan mengintai mata-mata musuh; menggiatkan dan menguatkan usaha-usaha untuk kepentingan perang.
          • Sebagai pemuda Islam dengan tugas dan program, antara lain : menyiarkan agama Islam, memimpin umat Islam agar taat menjalankan agama Islam, dan membela agama dan umat Islam Indonesia
3. Usulan Dasar Negara Indonesia :
  • Oleh Muh. Yamin

  1. Peri kebangsaan
  2. Peri kemanusiaan
  3. Peri ketuhanan
  4. Peri kerakyatan
  5. Kesejahteraan rakyat

  • Oleh Mr. Soepomo

  1. Persatuan Indonesia
  2. Ketuhanan Yang Maha Esa
  3. Kerakyatan yang berdasarkan permusyawaratan perwakilan
  4. Pemerataan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  5. Kemakmuran Indonesia dalam ikatan Asia Timur Raya

  • Oleh Ir. Soekarno

  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme atau peri kemanusiaan
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan sosial
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan

Di antara tiga usulan di atas, yang mendekati isi Pancasila yang sekarang adalah usulan dari Mr. Soepomo.
4. Alasan Mengapa Bom Atom Dijatuhkan di kota Nagasaki

Karena pada saat itu kokura yang menjadi kota tujuan utama pengeboman dibatalkan. Dikarenakan Charles Sweeney (sang pengebom) tidak bisa melihat target sehingga dialihkan ke Kota Nagasaki


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Jas Merah //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //